• Breaking News

    Sunday, May 1, 2016

    NU Usulkan 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila


    Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan mengusulkan hari Lahirnya Pancasila, saya baru kepikiran, Usulan dari Ketua Umum PBNU Bapak KH. Said Aqil Siradj pada waktu melakukan pidato dalam peringatan hari NU ke 93 di pasuruan Jawa Timur. Beliau menyebutkan dalam pidatonya "Pancasila sebagai karya besar pendiri bangsa memang tak bisa dipungkiri. “Hari lahir Pancasila itu 1 Juni sudah final"

    Kiai Said juga mengatakan, Indonesia meski mayoritas Islam namun sangat berbeda dengan negara-negara Timur Tengah. Menurutnya, sejak runtuhnya kekhalifahan Islam pada 1924, muncul berbagai negara di Timur Tengah.

    Namun, katanya, negara-negara di Timur Tengah tidak pernah berhasil menyatukan kaum nasionalis dengan para ulama. Hal itu berbeda dengan pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari yang justru memadukan agama dengan nasionalisme.


    Karenanya, kalangan nahdliyin pun sangat akrab dengan ungkapan hubhul wathan minal iman atau cinta tanah air merupakan bagian dari iman. “Itu bukan hadis, itu dari Kiai Hasyim Asy’ari,” tegasnya.

    Hadir pula dalam apel itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah, Wakil Gubernur DKI Djarot S Hidayat, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.


    Ibu Megawati juga memberikan pidato nya dan dalam kesempatan itu menyampaikan pula,
     "Mari kita semua dukung supaya tanggal 1 Juni diputuskan sebagai hari lahir Pancasila. Setelah tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri, maka saya ingin mengatakan bahwa mari kita semua bersatu dengan menjadikan Pancasila sebagai perekat," kata Mega yang hadir sebagai putri Sukarno sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan.

    PBNU diwakili Ketua PBNU Said Aqil Siradj secara simbolik menyerahkan naskah akademik 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila dari PWNU Jawa Timur dalam bentuk buku kepada Megawati pada acara tersebut.  Penyerahan naskah akademik itu disaksikan belasan ribu peserta apel yang terdiri dari warga NU, anggota maupun partisipan PDI Perjuangan.

    sumber dari : okezone.com dan tempo.co


    No comments:

    Post a Comment

    Dapodikdas

    Dapodikmen

    Kemenpan